Arsip Tag: lilis setyowati

Kediri, Perjalanan Touring hari ke Lima

Setelah mendaki gunung lewati lembah ke puncak Bromo, kami beristirahat di kota malang. Hari selanjutnya, adikku Rini harus kembali ke cikarang dengan kereta pagi. Kami checkout bareng dari hotel megawati di Malang. Rini dan didin menuju stasiun, kami menuju ke Kediri.

Dari malang kami menuju Tulung agung (melewati jalur selatan), lalu menuju Blitar. dari Blitar kami melewati jalan ke arah candi Penataran. Tujuan kami tidak langsung menuju ke Kediri, melainkan ke Kelud. penasaran dengan gunung Kelud saat ini setelah letusan dahsyat di awal 2014. Perjalanan menuju kelud tidak semulus yang diharapkan. Karena mengikuti google maps, kami sempat lewat jalan tanah, dikanan kiri penambangan pasir, bahkan untuk melewati sungai tidak ada jembatan, terpaksa menembus derasnya air pakai motor, untung tinggi air cuma setengah ban vario.

Sekarang suasana kelud sungguh berbeda dengan yang dulu

75512_10200702708839295_444957495_n 299790_10200702694358933_2083984820_n 553181_10200702713839420_24726216_n 535536_10200702692438885_1893476166_n 554961_10200702703479161_717281584_n 524609_10200702712559388_707962648_n

Itu perjalananku di bulan februari 2013 silam, sekarang Gunung kelud sudah banyak berubah

ADI_0409 ADI_0400 ADI_0399 ADI_0394 ADI_0393 ADI_0370 ADI_0372 ADI_0376 ADI_0377 ADI_0386 ADI_0345 ADI_0348 ADI_0355 ADI_0368

Untuk Bisa sampai atas kita harus berjalan menanjak, Parkiran atas hilang, bahkan air panas di bawah pun hilang, sayang sekali, padahal air panas di kelud luar biasa. Kita tidak bisa mendekat ke arah kawah lagi, tidak seperti dulu.

Setelah puas di kelud, perjalanan dilanjutkan ke penginapan di dekat alun-alun kediri, di Hotel Bismo. Setelah mandi, kami pergi ke simpang lima gumul

ADI_0428 ADI_0431 ADI_0433 ADI_0442 ADI_0473 ADI_0482 ADI_0485 ADI_0486 ADI_0490 ADI_0492 ADI_0494 ADI_0498 ADI_0503 ADI_0506

O iya di kediri terdapat juga Goa Maria yang sayang untuk dilewatkan, terletak di sebelah barat kota kediri, berdiri goa Maria Lourdes Puh sarang

ADI_0510 ADI_0513 ADI_0528 ADI_0539 ADI_0546

Touring Naik Ke Bromo

Setelah Puas berwisata di kota Batu, Perjalanan dilanjutkan ke Kota Malang, Adikku sudah menanti di Kota malang, Memang rencana kami hari itu 27/12/14, kami ingin naik ke Bromo. Setelah sampai Malang kota, kami menuju ke penginapan adikku di pusat kota, tepatnya di hotel Megawati (promo). Setelah menaruh barang-barang, mandi, tak terasa perutpun lapar. Kami mau makan bakso Cak Man (meski di JCM, Jogja City Mall ada) tetapi kalau merasakan langsung di Malang kan asyik. Begitu keluar kamar…. Hujanpun melanda. Kami menunggu beberapa saat sebelum hujan sedikit mereda. Setelah agak reda, kami memuaskan diri dengan bakso cak Man yang hanya berjarak 200an Meter dari penginapan.

Malam itu hujan sudah reda, Jam 9 an malam perjalanan kami dimulai dari kota malang, ke arah lawang, lalu menuju ke arah penanjakan Bromo, melewati nangkajajar. Perjalanan melewati punggung bukit. Tak terasa hujan karena awan yang menabrak gunung yang kami daki, menemani kami saat melewati jalan di atas pegunungan. Kami Istirahat sebentar di daerah Tosari, sebelum menuju ke Bromo. Tiket masuk baru buka jam 2 pagi

ADI_0023 ADI_0030

Jam 1 an kami tiba di Tosari, Dingin menjerat kami. Setelah loket buka, kami langsung menuju penanjakan. Sebelum naik ke penanjakan, kami menyempatkan diri menghangatkan badan dengan mie dan teh panas di sebuah kedai.

Jam 3 pagi kami sudah tiba di penanjakan. Dingin semakin terasa menembus kulit dan lemakku, gerimis kecil akibat kabut juga makin menambah dinginnya malam. Matahari terbit yang kami nanti dipenanjakan tidak kunjung tiba karena tertutup mendung… Ternyata cuaca tidak bersahabat lagi dengan kami

ADI_0033 ADI_0034 ADI_0038 ADI_0053 ADI_0066 ADI_0069

Setelah gagal melihat matahari terbit dari puncak penanjakan, kami melanjutkan perjalananan ke kawah Bromo.

ADI_0074 ADI_0076 ADI_0078 ADI_0082 ADI_0084

Ternyata Perjalanan menurun ke kawah sungguh luarbiasa, Jalan dengan kemiringan hampir 45 derajat membentang di depan jalan, pantas orang harus pakai mobil jeep atau hardtop untuk menjejakkan kaki di Bromo. tetapi kami hanya pakai motor……

ADI_0086

sampai di bawahpun, perjuangan belum berakhir. untuk sampai kawah kami harus berjalan naik… nanti di atas ada tangga lagi, baru sampai di tepi kawah Bromo

ADI_0088 ADI_0090 ADI_0091 ADI_0095

Butuh tenaga ekstra untuk naik… untung di tangga orang antri untuk naik, sehingga naik satu tangga, berhenti… lalu naik lagi,,, dan berhenti lagi. coba kalau tidak berhenti… pasti nafas sudah senin-kemis… sudah mau copot jantung buat naik… hahahaha. maklum terlalu berat membawa badan

ADI_0104 ADI_0105 ADI_0111

Setelah perjalanan melelahkan…. akhirnya terbayar jua

ADI_0159 ADI_0154 ADI_0149 ADI_0144 ADI_0139 ADI_0132 ADI_0134 ADI_0137

Setelah Puas di atas kami pun turun dan tak lupa masih tetep foto-foto

ADI_0179 ADI_0183 ADI_0185 ADI_0204 ADI_0207 DSC_8778 DSC_8781

Puas di sekitar kawah Bromo, perjalanan dilanjutkan ke bukit teletubies, di sisi lain pasir Bromo

ADI_0247 ADI_0248 ADI_0252 ADI_0255 ADI_0283 ADI_0291 ADI_0306 ADI_0321 DSC_8799 DSC_8811 DSC_8813 DSC_8828

DSC_8832

Puas hari itu menjelajah Bromo… Tapi rasa capek dan kantuk juga menyelimuti, karena semalam tidak tidur. Kami pulang mengambil rute lain, tidak kembali lewat jalur penanjakan, tapi lewat Probolinggo

ADI_0335 ADI_0337 ADI_0338 ADI_0339 ADI_0341

Perjalanan dari Bromo ke Malang Via Probolinggo bisa mencapai 3-4jam perjalanan….. sampai di Pasuruan kami berhenti makan ( pagi, dirapel siang dilanjut makan malam jadi satu). Lumayan buat diet. Sampai Malang langsung ke penginapan dan tepar sampai pagi….

Touring Ke Malang

Hari itu, Di akhir tahun 2014, Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Liburan yang cukup lama akan membentang di depan mata. rencana sudah disusun matang, Iya .. rencana jalan-jalan itu sudah disusun dari akhir bulan sebelumnya. Rencana dipenghujung tahun 2014 akan melakukan perjalanan yang cukup panjang menuju Daerah Jatim, tepatnya kota batu malang dan sekitarnya.

Hari 1st

Perjalanan dimulai tanggal 25 Desember, bertepatan dengan hari Natal. Setelah semalam merayakan kelahiran Yesus kristus, paginya langsung cabut ke malang. Mengiringi sang fajar beranjak dari peraduannya, begitu pula perjalananku dari rumahku di ujung selatan kabupaten magelang, Pagi itu aku berangkat jam 6 pagi… (padahal biasanya jam 6 aku baru bangun). Setelah Sarapan kupacu motorku menuju rumah Lilis, yang akan menemaniku selama perjalanan. Tak terasa hampir 2 jam perjalananku menuju pedan, Klaten. Setelah menjemput Lilis, perjalanan kami teruskan dengan rute Klaten-Solo-Sragen-Ngawi-Caruban- Nganjuk- Kertosono-Pare Kediri- Batu.

Hampir 10 jam perjalanan dari Magelang ke Malang, Hmm Pantat terasa terbakar, sehingga beberapa kali kami harus beristirahat sambil mengisi bahan bakar. Perjalanan sangat cerah sampai di Pare kediri, Setelah pare, jalan mulai menanjak disertai dengan Hujan lebat selama perjalanan yang hampir 50km itu. Sampai Kota Batu pun hujan masih menemani. O iya kami dapat penginapan di dekat Sengkaling, di belakang kampus UMM, univ Muhammadiyah Malang. Sampai di sana sekitar pukul 16.00. Setelah mandi kami menyempatkan keliling mencari makan.

Setelah capek keliling (ditambah liburan jalur batu-malang macet), akhirnya kami sampai penginapan, makan lalu tidur….

HARI 2nd

Matahari menjelang lebih cepat dari kami. Mungkin karena lelah perjalanan sebelumnya, kami cukup siang bangunnya. Agenda hari ini adalah ke Jatimpark dan BNS (batu Night spectakuler). Jarak penginapan ke BNS cukup dekat sekitar 8km. Mungkin hanaya butuh waktu 15-20 menit perjalanan. Sampai di jatimpark, ternyata kami terlalu pagi. Tiket baru dibuka sekitar jam 10 Pagi. Harga tiket untuk 2 orang 200rb (@100rb)

menunggu Dibuka, bisa dengan narsis dulu di depan Jatimpark atau museum satwa nya

DSC_8685 DSC_8687 DSC_8688 DSC_8689 DSC_8691 DSC_8700

Ternyata hari itu tidak bersahabat dengan kami. Hujan turun sangat lebat selama mengunjungi jatim park.

ADI_9573 ADI_9576 ADI_9589 ADI_9596 ADI_9623 ADI_9638 ADI_9737

ADI_9657 ADI_9675 ADI_9680 ADI_9691 ADI_9698 ADI_9716 ADI_9721

Setalah dari jatim park, malamnya kami melanjutkan dolan ke BNS, Cuaca juga tidak bersahabat malam itu. Hujan terus turun menemani kami di BNS. di BNS kami ketemu rekan-rekan kerja di Yogya yang habis berlibur ke Bromo.

ADI_9752 ADI_9756 ADI_9759 ADI_9763

Setelah Puas berhujan-hujan ria di BNS, kami kembali ke penginapan.

HARI 3 rd

Hari ketiga…. tidak terasa sudah dua malam kami berada di kota Malang ini. Hari ini rencananya aku mau bertemu dengan adikku yang berangkat dari Yogya malam sebelumnya. Dia menginap di Kota Malang, dekat dengan stasiun. Tapi dia baru bisa Check in di hotel setelah jam 12 siang.

Pagi itu bingung mau ke mana dulu sebelum turun gunung ke kota malang. Setelah sarapan di Penginapan (o iya penginapan itu kayak tempat kos, jadi ada warung makan di depannya). kami bersiap untuk sekalian check out dari penginapan. barang-barang masuk ke dalam box motor. Tujuan kami adalah selecta.

ADI_9772 ADI_9789 ADI_9792 ADI_9843 ADI_9846 DSC_8713 DSC_8714 DSC_8721 DSC_8724 DSC_8726 DSC_8731 DSC_8733 DSC_8735 DSC_8740 DSC_8759 DSC_8762 DSC_8767

Terakhir kali aku ke selecta adalah ketika kelas 3 SMP sekitar tahun 2000an. Sudah lama sekali ya. Seingatku tempat wisata ini sangat luas sehingga waktu itu aku tidak mampu untuk mengelilinginya (masih gendut banget). Ternya sekarang tempat itu tidak begitu luas, tetapi lumayan sejuk. Bisa foto-foto di taman Bunganya… asyikkkk

Setelah dari Selecta, tujuan selanjutnya adalah Museum Angkut. Sebenarnya ragu-ragu juga sebelumnya, apakah mau ke museum angkut atau tidak, karena Museum angkut baru buka siang hari, jam 12 siang. Tapi dari selecta sudah agak siang, maka perjalanan ke museum angkut tetep lanjut

Dengan harga tiket untuk weekend 75rb/ orang…. Ditambah untuk kamera 30rb/kamera Huaaa sama aja habis 200rb, Tapi lumayan lah, soalnya aku belum pernah ke tempat itu

ADI_9852 ADI_0013 ADI_9857 ADI_9859 ADI_9865 ADI_9872 ADI_9875 ADI_9880 ADI_9889 ADI_9892 ADI_9895 ADI_9912 ADI_9939 ADI_9935 ADI_9932 ADI_9926 ADI_9916 ADI_9947 ADI_9950 ADI_9952 ADI_9955 ADI_9956 ADI_9965 ADI_9969 ADI_9983 ADI_9989 ADI_9991

Asyik bisa foto dengan aneka kendaraan …. asyik juga

Setelah dari meseum angkut, kami melanjutklan perjalanan ke kota malang ketemu dengan adikku, karena malamnya kami mau naik ke Bromo….

wisata ke Pulau Pari

pulau pari merupakan salah satu pulau di kepulauan seribu. Pulau ini berada di kecamatan kep Seribu Selatan. Untuk menuju pulau ini dapat dilakukan dengan kapal kayu dari pelabuhan muara angke. Perjalanan dari pelabuhan muara angke memakan waktu sepanjang 2 jam.

ADI_5952 DSC_7913 DSC_7914 DSC_7923 DSC_7924 DSC_7936 DSC_7938 DSC_7958 DSC_8003 DSC_8029 DSCN1692 DSCN1724 DSCN1745 DSCN1777 DSCN1795

ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi selama di Pulau pari, diantaranya adalah pantai LIPI , Pantai Perawan, Daerah sekitar dermaga. O iya disekitar pulau pari terdapat beberapa spot untuk snorkling.

selain snorkling, kegiatan yang bisa dilakukan adalah bersepeda keliling pulau, banana boat. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, tidak heran pulau pari menjadi alternatif wisata untuk melepaskan penat dan keluar sejenak dari rutinitas kantor dan kesibukan kota yang menjemukkan.

ADI_6028 ADI_6081 ADI_6095 ADI_6097 ADI_6145 ADI_6147 ADI_6149 ADI_6259 ADI_6260 ADI_6303 ADI_6347 ADI_6350 ADI_6398 ADI_6404 ADI_6456 ADI_6459 ADI_6497 ADI_6498 ADI_6538 ADI_6558

Perjalanan di Bali, hari ketiga

Setalah hari kedua, perjalanana ke Tirta gangga dan besakih kami lakukan, hari ketiga perjalanan kami lanjutkan. Oiya untuk hari ketiga rute yang kami tuju adalah ke bagian selatan Pulau Bali ini, yaitu GWK (Garuda Wisnu Kencana) dan Uluwatu. Setelah itu menuju pantai Sanur dan Pasar Sukowati.

Tujuan kami pertama adalah GWK

ADI_4475 ADI_4490 ADI_4522 ADI_4525 ADI_4531 ADI_4537 ADI_4541 ADI_4564 ADI_4569 ADI_4570 ADI_4575 ADI_4581 ADI_4585 ADI_4595 ADI_4603 DSC_6966 DSC_6973 DSC_6974 DSC_6997 DSC_7000 DSC_7001

pada jam-jam tertentu di GWK terdapat pertunjukan tari yang dapat kita tonton. Setelah itu kita bisa berfoto dengan para penarinya.

Setelah berpanas ria di GWK, perjalanan dilanjutkan ke Pura Uluwatu

ADI_4631 ADI_4632 ADI_4668 ADI_4672

hmm Siang itu di Uluwatu begitu menyengat. Beberapa kali kami harus beristirahat karena kepanasan dan kehausan. Setelah dari Uluwatu, perjalanan kami lanjutkan ke sanur dengan melewati tol di atas laut yang baru di Pulau Dewata itu.

 

Perjalanan di Bali…. hari ke dua

Setelah hari pertama menikmati sunset di pantai kuta, hari  kedua dilewatkan dengan mengunjungi beberapa tempat, meskipun hari sebelumnya bingung mau menentukan destinasi wisata ke mana. Pada Profil Pic di BBM yang menyewakan motor terdapat sebuah tempat yang cukup menarik. Setelah seardch semalaman ternyata didapatkan tempat itu adalah Tirta gangga, sebuah tempat wisata air peninggalan kerajaan karangasem di Bali.

Searching lokasi pun dimulai menggunakan google map dan diketemukan bahwa lokasi tersebut berada di kota amlapura, kota sebelah timur pulau dewata ini. Pada peta tertulis jarak dari tempat kami menginap sekitar 70an KM. Jauh juga ternyata…….

Setelah mandi dan sarapan bubur dan popm*e, akhirnya petualangan kami mulai hari ini. Dengan menyusuri Jalur sepanjang pantai selatan Bali ke arah timur, kami menyusuri jalan menuju amlapura. Di tengah jalan memang ada tanda menuju Amlapura 70KM…..

ADI_4285

Perjalanan kami nikmati dengan sesekali berhenti di pinggir jalan untuk mengambil beberapa gambar (narsis tetep). Ditengah Jalan ada seorang bule bertanya tentang arah Candidasa, meskipun tidak tahu dimana itu, ku beritahu bahwa jalannya seudah benar.  Hmmm emang apa sih candi dasa itu? masih belum tahu.  Setelah beberapa jauh meninggalkan Kota Denpasar, ada sebuah penunjuk Jalan bahwa kami memasuki kawasan Candi Dasa, dan kami menemukan sebuah pantai yang cukup bagus untuk berfoto ria

ADI_4287 ADI_4301 ADI_4298 ADI_4302 ADI_4304 ADI_4305

Setelah puas berfoto di Pantai candi dasa, kami melanjutkan perjalanan kembali karena hari sudah beranjak siang, padahal tempat yang kami tuju masih jauh. Eh, ternyata di tengah perjalanan kami  bertemu sebuah kolam penuh dengan teratai, ya sudah kami kembali berhenti dan berfoto lagi

ADI_4314 ADI_4333 ADI_4332 ADI_4333

Tak berapa lama, Kota Amlapura sudah di depan mata. HP kembali di buka untuk mencari peta ke arah Tirta Gangga. Ternyata tempatnya berada disebelah utara kota ini dan berada  dipinggir jalan. Tiket masuknya sangat murah hanya 10rb perorang dan tempatnya cukup indah untuk dinikmati. Hmmm Banyak Turis asing yang data dan hanya beberapa turis lokal, itupun mereka datang untuk mandi di kompleks taman air ini

ADI_4339 ADI_4343 ADI_4344 ADI_4356 ADI_4369 ADI_4374 ADI_4379 ADI_4380 ADI_4384 ADI_4389

Setelah Puas menikmati taman air Tirta Gangga, Kami melanjutkan ke destinasi kedua yaitu Pura Besakih. Ditemgah Jalanpun kami bertemu dengan rombongan yang akan melakukan upacara adat

ADI_4390 ADI_4391 ADI_4392

Sungguh menyenangkan perjalanan di Bali, tetapi pada saat mengambil gambar tersebut ada peralatan tersebut yang jatuh dan daru tersadar saat di Besakih. Setelah berhenti sejenak mengabadikan acara tersebut, perjalanan ke Besakih kami lanjutkan. Dengan melewati rute pegunungan dan jalan yang berkelok membuat perjalanan terasa lama dan jauh.

Sesampai di Pura Agung Besakih, kami membayar tiket masuk 10rb per orang. Sesampai di Gerbang, ada pemuda yang mengharuskan memakai guide dengan biaya yang luar biasa. Untuk berkeliling ditarik biaya 200rb. Hah mahal amat ya, karena kami juga tidak punya banyak uang akhirnya dinego bisa 50rb. O iya kalau disana banyak yang seperti ini kayaknya dan memang sudah terorganisir dengan membebani dengan tarif yang Mahal. katanya itu karena mereka tidak digaji dan banyak personel serta untuk pembangunan. haduh.

Dengan membayar 50 rb kami dipesan agar nanti gak usah pakai sarung, karena harus bayar lagi. Dan banyak anak kecil yang berdagang dengan sedikit memaksa dan sepertinya mereka dilatih ngomongnya seperti itu (kayak hafalan deh)

Lah disini kami sadar kalau wireless remote kami hilang, sehingga foto2 hanya pakai remote Infra red

ADI_4394 ADI_4395 ADI_4396 ADI_4398 ADI_4399 ADI_4401 ADI_4403 ADI_4422 ADI_4428 ADI_4429 ADI_4431 ADI_4432 ADI_4440 ADI_4442 ADI_4443 ADI_4444

Setelah ke pura agung Besakih, kami pulang ke Denpasar, ke penginapan. O iya sebelumnya kami masih mencari remote yang hilang dan hasilnya nihil… 😦

 

Perjalanan di Bali, hari pertama

 

Pagi Itu udara cukup cerah selama perjalanan dari bandara Adisutjipto Yogyakarta hingga bandara Ngurah Rai Denpasar Bali. Perjalanan diudara ditempuh selama 1 jam 15 menit, dan sampai di Bali menunjukkan waktu 10.00 WITA pagi, lebih cepat dari waktu di Jogja yang masih menunjukkan jam 9.00WIB

Sampai di bandara, Motor sudah menanti diluar area parkir bandara. Memang motor sudah dipesan untuk diantar ke bandara untuk menghemat biaya taksi menuju penginapan.

GPS tidak akurat. huh itu yang membuat kami harus berputar2 setengah jam untuk sampai di penginapan, bahkan nyasar sampai ke kuburan. haduh.

Hari pertama yang dikunjungi adalah pantai Kuta dan legian. Menikmati matahari terbenam di pantai Kuta ditemani bule2 yang berjemur cukup mengasyikkan. dan malamnya menikmati hidupnya dunia malam di jalan Legian

ADI_4197 ADI_4203 ADI_4207 ADI_4215 ADI_4245 ADI_4265 ADI_4275 DSC_6907 DSC_6909 DSC_6912 DSC_6914 DSC_6917 DSC_6921 DSC_6924