mengantar arisan di makam KRT jayaningrat

Hari minggu itu aku mengantar ibu arisan trah, Arisan saat itu bertempat di sebuah pendopo di sebelah makam di daerah srumbung magelang. Arisan trah KRT jayaningrat, mereka menyebutnya demikian, anggota arisan merupakan keturunan KRT jayaningrat, seorang tokoh yang di makamkan di pemakaman yang sudah berusia ratusan tahun tersebut.

Makam itu terletak di daerah kradenan srumbung magelang, entah karena apa dinamakan kradenan, mungkin karena disitu dulunya bermukim para raden (gelar kebangsawanan para keturunan raja mataram). KRT jayaningrat menurut cerita merupakan keturunan dari raja kasultanan yogyakarta Sri sultan Hamengkubuwana yang ke II, yang berdiam di bekas kadipaten remame yang merupakan bagian dari kasultanan yogyakarta.

ADI_3646

sebuah gapura tua akan menyambut kedatangan kita, sebuah gapura dengan tahun 1955 tertulis dibagian atas. usia 63 tahun terlihat jelas dari bentuk fisik gapura yang masih kokoh.

Makam KRT jayaningrat sendiri terbuat dari tumpukan kayu yang juga sudah berusia ratusan tahun

ADI_3652

untuk keturunan dari KRT jayaningrat dimakamkan disekitar makam beliau

ADI_3656

ada sebuah aula kecil di sebelah selatan makam beliau untuk para peziarah yang mengunjungi makam beliau. di sebuah dinding terdapat silsilah dari KRT jayaningrat

ADI_3655

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s