DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) untuk obat kemoterapi. Bagaimana Membuang limbah obat khemo

dagusibu

DA GU SI BU, yaitu DApatkan obat secara benar, GUnakan obat secara benar, SImpan obat dengan benar dan BUang obat dengan benar. Gerakan yang baru-baru ini sedang marak digalakkan oleh ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Gerakan untuk menyadarkan masyarakat bagaimana cara memperlakukan obat dengan benar, salah satunya adalah  Gerakan Keluarga Sadar Obat.

obat kanker atau obat sitostatika merupakan obat yang cukup beresiko tinggi baik untuk pasien sendiri, terhadap orang disekitar pasien maupun dampak terhadap lingkungan, oleh karena itu perlunya penanganan obat yang sangat khusus. Penanganan buka hanya soal penyimpanan, tetapi meliputi pembuangan sampah obat dan bahkan sampah hasil metabolisme yang dapat berupa urin atau tinja.

Obat akan dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran maupun urine, hasilnya  berupa hasil metabolisme obat yang kadang juga masih dapat berefek kepada lingkungan sekitar. Perlu diingat bahwa Obat khemo selain dapat menyembuhkan kanker tetapi juga bersifat karsinogenik atau mutagenik (yang dapat menyebabkan kanker).

DAPATKAN

hqdefault.jpg

image source:https://i.ytimg.com/vi/jiJo7ic6pgQ/hqdefault.jpg

Dapatkan obat khemo dengan benar, dengan melakukan kontrol rutin tiap bulan dengan dokter ahli dan tebus obatnya di farmasi. Untuk Obat kemoterapi oral diberikan pasien sesuai dengan diagnosa dokter ahli, sehingga tiap pasien akan sangat mungkin berbeda terapi dengan pasien yang lain. Ada Pasien yang mendapatkan terapi untuk 2 minggu, ada yang setiap hari harus mengkonsumsi obat. Dengan Kontrol Rutin Pasien akan lebih terjamin tentang perkembangan kondisinya. Selain itu setelah mendapatkan obat, Perhatikan informasi yang terdapat pada brosur dan kemasan serta Perhatikan kadarluarsa obat.

GUNAKAN

stock-photo-a-sick-teddy-bear-getting-liquid-medicine-in-the-hospital-8972491.jpg

image source : http://image.shutterstock.com/z/stock-photo-a-sick-teddy-bear-getting-liquid-medicine-in-the-hospital-8972491.jpg

Dalam mengkonsumsi obat yang perlu diperhatikan adalah

  • saran dokter dan sesuai dengan etiket yang tertera pada label luar obat.
  • Jika ada penggunaan obat khusus seperti suppositoria, atau inhaler silahkan tanyakan pada petugas atau Apoteker.
  • Menelan setiap tablet atau kapsul secara utuh. Jangan merusak, menghancurkan, atau mengunyah terutama untuk obat khemo
  • Jika Anda melewatkan minum obat pada jam yang ditentukan, sesegeralah mungkin minum obat yang terlupa. Namun, jika hampir waktu untuk obat berikutnya, lewati dosis yang tidak terminum dan kembali ke jadwal rutin meminum obat.
  • Jangan meminum obat 2x dosis yang telah ditentukan
  • Jika Anda tidak dapat menelan pil, berbicara dengan perawat atau apoteker tentang cara-cara lain untuk minum obat.
  • Jika Anda muntah atau memuntahkan obat Anda, hubungi dokter Anda untuk petunjuk lebih lanjut.
  •  Cuci tangan Anda setelah minum obat. Hindari penanganan obat yang hancur atau rusak  (tablet atau kapsul)
  • Jika ada keluarga yang membantu untuk meminumkan obat, diusahakan memakai Sarung Tangan dan Masker. Sebelum dan setelah memberikan obat cuci tangan dengan bersih

SIMPAN

3966_medicine5.gif

Penyimpanan Obat yang benar sangat Penting

  •  Kebanyakan obat kemoterapi oral disimpan pada suhu kamar, hindarkan dari suhu yang terlalu panas satau terlalu lembab. Anda akan diberitahu jika obat Anda perlu penyimpanan khusus atau penanganan yang khusus.
  • Dan yang paling Penting Simpan obat ini dalam wadah tertutup, di tempat yang aman,
  • Jangan Mencampurkan Obat Khemo dengan Obat yang Lain
  • jauhkan dari obat keluarga lain, Kecuali keluarga yang membantu
  • Semua obat harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

BUANG

cytotoxic waste.jpg

Limbah obat khemo bukanlah limbah yang dapat dengan mudahnya dibuang. Limbah Obat Khemo harus ditangani dengan sangat khusus. Limbah meliputi bungkus atau plastik penyimpanan, serta hasil metabolit (urine, Feses atau bahkan Keringat)

  • Jika Anda memakai pil kemoterapi oral (tablet atau kapsul), silakan mengembalikan Sampah ke apotek mana asal obat. Jangan membuang ke toilet, membuang di wastafel, atau membuang di tempat sampah. Beberapa Rumah Sakit sudah membawakan Plastik khusus yang dibawa Pasien sebagai wadah untuk sampah obat kemo. Nanti dalam periode tertentu sampah tersebut dibawa untuk dimusnahkan di Rumah Sakit.
  • Obat Kemoterapi tetap dalam tubuh selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, dan ditemukan dalam muntahan, urin, feses, dan keringat (limbah tubuh). Perhatian khusus harus diberikan  untuk mencegah limbah tubuh pasien  kontak  dengan pasien atau pengasuh.
  • Dalam Penggunaan Toilet diharapkan untuk flushing atau saat membersihkan toilet dilakukan 2x. Cuci tangan dengan sabun dan air setelah menggunakan toilet.
  • Jika urin, muntah, atau tinja mengenai tubuh, cuci dengan sabun dan air. Selalu gunakan sarung tangan saat membersihkan peralatan atau membuang limbah dari urinoir atau toilet.
  • Pengasuh atau Keluarga yang hamil tidak diperbolehkan menangani  limbah tubuh pasien.
  • untuk Cucian Selalu gunakan sarung tangan disposable saat menangani lembaran atau pakaian yang telah kotor dengan limbah tubuh. Pakaian atau perlengkapan kotor harus disimpan dan dicuci secara terpisah dari cucian lainnya
  •  Untuk menyerap air seni atau tinja, gunakan sekali pakai, bisa dengan underpad, popok, atau lembaran kain. Ganti segera ketika kotor. Kemudian cuci dengan sabun dan air.
  • Jika Anda memiliki colostomy, Gunakan Sarungtangan untuk mengganti atau mengosongkannya.

 

Sumber http://www.dana-farber.org/Health-Library/Oral-chemotherapy-fact-sheet.aspx

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s