Temu Keluarga Muda Paroki Santa theresia Salam

Apa Tujuan Anda Berkeluarga?

Sebuah Pertanyaan yang muncul dalam temu Keluarga Muda se paroki santa Theresia Salam. Mungkin untuk Keluarga saudara Muslim pertanyaan itu sudah ada jawbannya yaitu menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah wa Rahmah, tetapi untuk pasangan katolik? Acara ini masih menjadi satu rangkaian menyambut 50 Tahun Paroki Santa Theresia Salam.  Dalam membangun keluarga pasti dilandasi oleh rasa Cinta. Cinta sendiri mempunyai makna yang berbeda. Kadang cinta itu adalah Ilusi, dimana kita mencintai sesorang karena kita membayangkan sebuah sosok dalam orang yang kita cintai, atau orang yang kita cintai itu seperti sosok yang kita idamkan atau kita impikan. Selain itu Cinta juga bisa menjadi sebuah Misteri yang tidak dapat diterangkan oleh logika dan akal.

Meskipun keluarga muda, tetapi usia perkawinan yang dianggap keluarga muda sampai dengan usia perkawinan 25 tahun. “menjadi Keluarga yang Penuh Kasih” diambil sebagai tema temu keluarga muda ini. Pembicara oleh DR Margaretha Sih Setija Utami M.kes Dari Unika Soegijopranata Semarang. Oleh beliau dikatakan bahwa saat sudah mengalami kebosanan dalam rumah tangga, maka akan dapat menimbulkan konflik. Konflik tersebut muncul karena adanya cara pandang yang berbeda dari pasangan tersebut. Konflik tidak selalu juga berkonotasi negatif, karena dengan konflik pasangan dapat belajar tentang pasangannya masing-masing.

Keluarga dapat dikatakan bahagia atau tidak, dapat dilihat dari keluarga tersebut dalam menghadapi konflik. Konflik yang tidak teratasi dapat menimbulkan sebuah “perselingkuhan”. Ketidak nyaman an dalam keluraga akan mendorong seseorang mencari sosok lain yang mampu menyamankan dirinya. Jika sudah terjadi perselingkuhan, saat ingin memperbaiki, maka pasangan tersebut harus memulai hubungan dari nol atau dari awal lagi. Seperti gelas yang telah pecah, maka saat digabungkan lagi pasti tidak akan sempurna lagi, tetapi gelas tersebut dapat dirangkai menjadi sesuatu yang lebih indah.

Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam

Temu Pasangan Muda St Theresia Salam

Saat Pertanyaan Diatas diberikan kepada masing-masing pasangan, banyak yang bingung dan bertanya-tanya tentang tujuan mereka menikah beberapa tahun yang lalu. Mungkin pertanyaan semacam ini belum mereka utarakan sebelum menikah dan mereka tidak menyadarinya.

ADI_2950

Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam

Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam Temu Pasangan Muda St Theresia Salam

membangun nilai-nilai yang Positif dalam keluraga sangat dibutuhkan seperti :

  • Cinta (membangun nilai Positif untuk diri sendiri, orang lain dan dunia)
  • Kearifan (mengutamakan kebermanfaatan daripada keingina pribadi)
  • Mengendalikan diri (mengutamakan proses daripada hasil)
  • hati yang damai mensyukuri yang ada

Ada juga bagaimana membangun kedamaian dalam keluarga, yaitu dengan menggunakan hiburan yang ada dirumahsecukupnya, lebih memperhatikan orang terdekat sebulum mengharapkan hiburan dunia maya, dan belajar disiplin menggunakan hiburan.

Kadang dalam keluarga hubungan menjdai renggang, kurang harmonis karena tiap-tiap anggota keluarga asyik dengan dunianya sendiri, ayah asyik dengan kerjaan di depan komputer, ibu asyik dengan sinetron, anak asyik dengan gadgetnya. Seolah dalam satu rumah mereka tidak bersama, dalam dunia yang berbeda. Permasalahan keluarga tidak pernah dibicarakan bersama, anak kurang diperhatikan dalam pergaulan di dunia maya yang menyebabkan berbagai masalah dalam keluarga, Oleh karena itu sikap-sikap apa yang harus dibangun, dan mungkin ada keteladanan dalam keluarga yang harus dibangun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s