Ternyata kaplet yang mempunyai listrik statis itu cukup mengganggu ya..

Malam ini, aku dapat laporan dari bagian stripping kaplet (kemas Primer), bahwa ada proses stripping yang mengalami gangguan. Kaplet tidak mau turun dari bagian head feeder.  Biasanya karena kaplet yang tebal tipis sehingga mengganggu kelancaran proses strip kaplet (kaplet macet). Kalau kaplet macet, maka hasil strip ada yang kosong. Tapi kali ini beda, ada sesuatu yang menghalangi kaplet untuk bergerak, bukan karena terlalu sesak atau kaplet terlalu besar.

wpid-2014-12-02-21-28-56_photo.jpg

itu karena kaplet yang sedang di strip mengandung sesuatu seperti listrik statis.  Pernah mendengar apa itu listrik statis? mungkin masih ingat pelajaran SD tentang listrik statis. Ya Listrik yang diam. Seperti contoh saat menggosok-gosokkan penggaris plastik ke rambut trus didekatkan ke kertas, maka kertas akan tertarik dan menempel ke penggaris.

Karena adanya perbedaan muatan listrik positif dan negatif yang mengakibatkan 2 benda akan saling menarik. Ternyata kaplet juga ada ya yang demikian.

Memang kaplet yang dimaksud dilakukan film coating, yaitu pemberian lapisan tambahan pada tablet atau kaplet. Coating sendiri dilakukan pada kaplet untuk beberapa tujuan, misalnya untuk menutupi bau yang tidak enak, menutupi rasa yang tidak enak, membuat tampilan obat jadi menarik, menjaga stabilitas obat selama penyimpanan.

kemungkinan ada bahan yang ditambahkan pada bahan salut yang menyebabkan kaplet mengalami “listrik statis”.

wpid-2014-12-02-21-28-31_photo.jpgkertas yang menempel pada kaplet

 memang kejadian ini tidak terjadi hanya kali ini saja, tetapi saat beda mesin strip, sangat terasa. Pada mesin sebelumnya feedernya terbuat dari alumunium, sehingga listrik statis tidak begitu terasa pada proses stripping. Kali ini ternyata bahan feedernya terbuat dari besi Stainles steel. Sehingga daya hambatnya begitu terasa. Karena gaya tarik menarik antara feeder dengan kaplet yang cukup besar, maka kaplet seolah terhenti (padahal gaya yang digunakan adalah gaya gravitasi),  Hmm entah besok apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini……..

Iklan

3 tanggapan untuk “Ternyata kaplet yang mempunyai listrik statis itu cukup mengganggu ya..”

  1. talkumnya kurang kali, Di.. hehe (di larutan coatingnya), atau kebanyakan polimer. seinget aku dulu dikasih tahu senior begitu 😀
    di berlico ya skrg? sukses bro!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s