Yogyakarta kota genangan

yogyakarta, sebuah kota yang tidak asing bagiku, meskipun aku bukan orang jogja, tapi yogya bukanlah sesuatu yg asing bagiku, sejak kecil sering d ajak ibuku ke yogya dengan yamaha th 80 nya.
Beranjak dewasa sekitar tahun 2002-2003, aku dari muntilan, tapi les d jogja. mulai dari tahun 2004, jogja menjadi tempatku menimba ilmu di salah satu sudut kota pelajar itu.
Sampai sekarangpun Yogya menjadi menjadi tempatku mencari sesuap nasi. Dari tahun ke tahun, kota itu bertambah ramai dan bertambah padat. Kendaraan bermotor juga semakin memenuhi setiap sudut kota pelajar itu. Dulu dari rumah ke kampus bisa ditempuh cuma 20menit (20km). sekarang jarak 20km bisa ditempuh dalam waktu 30 bahkan 40menit. macet memenuhi setiap ruas kota pelajar itu, terutama menjelang berangkat kerja atau sekolah, dan sore hari saat pulang kerja.
Macet di kota itu akan bertambah saat hujan turun dengan deras dan lebatnya, bukan karena pengendara memelankan lajunya, tapi karena munculnya genangan air di setiap ruas jalan di kota itu. hampir tiap hujan lebat genangan-genangan itu muncul. Kenapa? dulu genangan air tidak pernah separah ini, sekarang hujan bentar saja genangan air cukup tinggi sudah terjadi.
sistem drainase kota gudangnya orang pandai ini jelek atau kurang kapasitaasnya ya? Pernah hari senin awal bulan februari ini, sekitar jam 2siang hujan lebat turun. Tidak berapa lama, daerah sekitar perempatan jalan kaliurang kentungan berubah menjadi kubangan raksasa. Saat itu ku masuk siang dan berangkat siang. Sampai di daerah itu genangan air audah mencapai mesin motor dan akhirnya matilah mesin kemasukan air.
fuih baru kejadian pertama motorku mogok d tengah jalan karena kemasukan air, apalagi jalan yang kulewati adalah ringroad, yang notabene jalur utama. o iya motorku suprax tahun 2000. jadi sudah sekitar 13tahunan melaju d jalanan yogya.
kata orang jawa mbok yao drainase di perbesar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s