candi sambisari Yogyakarta, candi yang menjadi memori masa lalu

Dulu waktu aku dan adik-adikku masih kecil, aku pernah diajak mengunjungi sebuah candi oleh almarhum Bapakku, Dulu dikasih tahunya candi pendem, karena memang letaknya lebih rendah daripada daerah sekitarnya. candi ini pernah hilang ditelan oleh bumi dan akhirnya berhasil di gali kembali. Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang berada kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung di zaman Kerajaan Mataram Kuno. (wikipedia)

Puluhan tahun aku mencari keberadaan candi tersebut (lebay.com), karena tidak tahu nama candi tersebut. Sekarang ternyata candi itu terletak dekat dengan tempatku mencari sesuap nasi. Tempat daerah itu sambi sari yang diabadikan menjadi nama candi tersebut (dulu tahunya candi pendem ..hehehe)

Memasuki candi itu memori masa kecil teringat lagi, saat kami masih kecil bermasin di candi tersebut, bersama almarhum bapak. Hmmm suasana masa kecil yang indah. Dulu waktu masih kecil, tangga menuju candi tersebut yang menjadi patokan, masih ingat betul suasana sekitar candi itu.

Sekarang aku ke sana lagi, tanpa adik-adikku, tanpa bapak yang dulu mengajak kami ke tempat ini pertama kali. Ternyata sejak kecil sudah sering diajak berpetualang ya aku dan adikku, makany sekarang sukanya keluyuran…..

DSC_4949 DSC_4941 DSC_4939 ADD_0457 ADD_0439 ADD_0503  ADD_0425 ADD_0433

ADD_0531 candi sambisaricandi pendem,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s