Pisowanan agung dalam rangka HUT kota Yogyakarta

Siang itu kawasan titik nol km Yogyakarta penuh sesak dengan ribuan manusia yang berjajar di sepanjang jalan dari lapangan parkir ngabean hingga depan kraton Ngayogyakarta. Bukan untuk demo atau unjuk rasa, melainkan melihat pawai dan ikut serta dalam “pisowanan Agung”. Kegiatan “pisowanan agung” tersebut merupakan puncak dari serangkaian acara peringatan hari ulang tahun Kota Yogyakarta.

Image

Pisowanan adalah sebuah tradisi dalam kerajaan-kerajaan Jawa, di mana bawahan-bawahan raja/sultan datang (sowan) ke istana untuk melaporkan perkembangan daerah yang dipimpinnya. Pisowanan boleh dikatakan merupakan sebuah wujud pertanggungjawaban pemimpin-pemimpin daerah kepada raja. Setelah mendengarkan laporan dari para bawahannya, raja/sultan biasanya akan memberikan nasihat, teguran, ataupun perintah (titah) bagi masing-masing pemimpin daerah.

ImageImageImageImageImageImageImage

Image

Sultan yang datang dengan setelan jas lengkap kemudian menyampaikan “sabdatama” terkait hari ulang tahun Kota Yogyakarta yaitu harapannya agar Kota Yogyakarta bisa berkembang sebagai kota yang humanis.

“Pembangunan fisik di dalam era modern seperti saat ini memang tidak bisa dielakkan. Namun, pembangunam tidak boleh dilakukan dengan menggeser ruang-ruang publik yang ada,” katanya.

Pembangunan yang dilakukan dengan orientasi material semata, lanjut dia, justru akan menimbulkan “kekosongan” di tengah masyarakat karena warga tidak akan bisa saling berinteraksi.

“Pembangunan harus dikembalikan ke arah yang benar sehingga tercipta karakter kota yang humanis. Prosesnya boleh jadi sangat panjang, namun harus tetap dilakukan bukan justru berhenti,” katanya. (sumber http://www.antaranews.com/berita/399400/ribuan-warga-yogyakarta-lakukan-pisowanan-agung-peringati-hut).Image

ImagesaImageImageung,ImageImage ImageImageImageImage

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s