Jika bisa korbankan Orang, jangan korbankan sebuah Sistem

Harga sebuah sistem mungkin terlalu mahal daripada harga seorang pekerja. Mungkin ini terlalu kejam, tetapi bayangkan jika jika itu adalah sebuah perusahaan, mungkin inilah jalan yang paling cepat dan murah. Kenapa? coba kita berada dalam sebuah pabrik, misalkan pabrik farmasi di mana jenis perusahaan ini terdapat sebuah aturan yang ketat karena menyangkut nyawa atau masa depan pasien.  Banyaknya regulasi dan aturan yang membatasi dan mengatur perusahaan farmasi membuat seluruh pekerja pabrik dituntut untuk melaksanakan aturan tersebut. Hal ini juga wajib terwadahi dalam sebuah sistem perusahaan maupun sistem yang mendukung.

Sebuah contoh di Industri Farmasi adalah sistem HVAC. sistem HVAC merupakan sistem vital dalam industri farmasi untuk pengaturan kelas pembuatan dalam farmasi dan pengaturan sirkulasi udara, suhu, kelembapan yang menentukan kelas produksi. Untuk pembuatan dan instalasi butuh dana dan uang yang tidak sedikit. Jika dalam sebuah audit ternyata ada kesalahan dalam sistem HVACm maka jika sistem yang salah, HVAC harus dibongkar ulang, preparasi, uji-uji dahulu dan butuh biaya banyak dan menyita waktu. Tetapi jika yang disalahkan pekerja atau operator, maka operator tersebut hanya diberi surat teguran, dan di training ulan. waktu cepat dan hanya butuh dana sedikit.

mungkin ini banyak yang dilakukan perusahaan atau bahkan negara… mengorbankan orang daripada merubah sistem yang butuh waktu dan dana, demi berlangsungnya perusahaan//

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s