Oral Disintegrating Tablet dan Bahan Penghancur

ODT atau Oral disintegrating Tablet merupakan sediaan tablet yang mampu hancur segera dalam mulut meskipun hanya ada sedikit cairan dalam rongga mulut. Ketika ODT diletakkan dalam rongga mulut, Saliva (air ludah) akan segera masuk ke dalam pori-pori sehingga menyebabkan tablet akan sedgera hancur. Oleh karena itu ODT dikenal juga sebagai quick dissolve, fast melt, fast dissolving, rapid dissolve. Tablet ODT lebih cepat hancur sehingga mampu menghantarkan Zat Aktif untuk lebih cepat diabsorpsi dalam tubuh, baik dalam mulut maupun dalam lambung.

Salah satu komponen penting dalam ODT adalah bahan penghancur (disintegrant). Disintegrant akan mempengaruhi kecepatan hancurnya tablet. Pemilihan superdisintegrant dalam suatu formula obat tergantung pada sifat dan jenis dari obat. Kelarutan dari suatu obat dapat mempengaruhi kecepatan dan mekanisme  disintegrasi suatu obat, dimana obat yang mempunyai kelarutan tinggi akan mempunyai tendensi untuk terlarut, sedangkan obat yang mempunyai kelarutan rendah (sulit larut) akan mengalami disintegrasi jika terdapat sejumlah  disintegrant didalam sediaannya.

Superdisintegrant yang sering dipakai adalah croscarmellose sodium, carmellose, crospovidon, sodium starch glycolate, indion 414.  Superdisintegrant sendiri mempunyai beberapa mekanisme aktivitas, diantaranya yaitu

a. Mengembang (swelling)
Mengembang merupakan penjelasan yang umum dipakai untuk mekanisme kerja dari disintegrant. Masuknya air ke dalam tablet menyebabkan disintegrant mengembang dan tekanan diseluruh bagian tablet mengakibatkan ikatan partikel dalam tablet akan pecah.
Sejumlah disintegrant akan  mengembang hingga derajat tertentu, tetapi swelling atau mengembang bukanlah menkanisme tunggal dari sebuah disintegrant
b. Penyerapan air (wicking)
Wicking merupakan kemungkinan lain dari mekanisme aksi disintegrant. wicking merupakan kemampuan menyerap air masuk ke dalam tablet.
c. Deformasi
Partikel disintegrant akan berubah bentuk saat dikempa menjadi tablet. Pada saat ada kelembapan, partikel disintegrant akan kembali ke bentuk semula, sehingga akan merubah bentuk (deformasi) dari tablet, sehingga tablet pecah.

Hal ini seperti terjadi pada beberapa contoh bahan superdisintegrant, yaitu Crospovidon. Crospovidon mempunyai kemampuan wicking (penyerapan air ) yang lebih dominan. Dengan adanya kemampuan wicking tersebut, didalam tablet crospovidon melakukan mekanisme penyerapan air yang cepat sehingga mendesak partikel dalam tablet. Dengan Adanya air yang sangat banyak masuk ke dalam tablet, maka tablet akan pecah atau akan terlarut (sebagian besar bahan pengisi dari ODT mudah larut dalam air).

Sedangkan Pada croscarmellose, kemampuan swelling lebih dominan. Kemampuan swelling yaitu mampu mengembang dengan cepat sehingga mampu merubah formasi dari tablet. Karena adanya perubahan formasi yang begitu cepat di dalam tablet, sehingga tablet tidak mampu mempertahankan bentuknya. Hal ini menyebabkan tablet akan hancur.

Source:

Nugroho, A., 2011, Optimasi Formulasi ODT Asetosal menggunakan Campuran Bahan Disintegrant Croscarmellose dan Crospovidon Dengan metode Kempa langsung, Skripsi,  Universitas Gadjah Mada.

Iklan

10 tanggapan untuk “Oral Disintegrating Tablet dan Bahan Penghancur”

  1. salam…..adi saya pengen tanya terkait croscarmellose yang qm gunaka sebagai disintegrant.qm belinya dimana ya, soalx aq penelitian tentang FDT belum dapet croscarmellosenya…mohon infonya ya..makasih

    1. coba anda hubungi kimia farma, saya dapat dari sana ( biasanya mereka minta surat keterangan dari kampus untuk penelitian), mereka hanya minta ongkos kirim kok…

  2. mas,,saya mahasiswa universitas UNLAM..,mau nanya mas, dmana bisa dapat bahan penghancur croscarmellose sodium??soalnya susah bangat nyarinya…
    mohon bantuannya mas..,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s